RPPH TK/PAUD usia 5-6 tahun, K13 Semester 1

By | August 23, 2019
Spread the love

Perangkat pembelajaran tingkat PAUD berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang telah disesuiakan dengan kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013 edisi revisi 2018. RPPH PAUD usia 5-6 tahun K13 semester 1 ini admin berikan secara gratis. RPPH PAUD ini sengaja admin bagikan untuk membantu guru dalam menata administrasi kelas,khususnya guru PAUD dalam menyusun dan menyiapkan RPPH agar lebih mudah.

RPPH merupakan perangkat yang harus dipersiapkan  dan disusun setiap guru sebelum kegiatan pembelajaran dilakukan. Dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian atau RPPH merupakan sebuah acuan untuk mengelola kegiatan bermain dalam kurun waktu 1 hari.

Intinya untuk penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) untuk sistem dan cara kerjanya hampir sama dengan rencana kerja harian (RKH) hanya saja RPPH yang admin berikan, sudah berdasarkan Kurikulum 2013 edisi revisi. Untuk  penjelasan RPPH dan RKH itu hampir sama tetapi jika dilihat dari sisi lain ada perbedaan dari RPPH dan RKH. RPPH PAUD sendiri disusun oleh setiap tenaga pengajar pada satuan pendidikan jenjang PAUD.

Setiap satu RPPH digunakan untuk pembelajaran pada setiap harinya,dan RKH sendiri di buat untuk disesuaikan dengan rencana kerja harian. Dalam penyusunan RPPH PAUD tersebut tidaklah harus baku atau tetap tetapi bisa dimodifikasi agar pembelajaran lebih menarik dan yang perlu diperhatikan serta menjadi tolok ukur penyusunan RPPH harus mencakup komponen yang harus ditetapkan.

Gambaran tentang komponen RPH/RPPH PAUD terdiri dari :

  1. Identitas Program
  2. Materi
  3. Alat dan Bahan
  4. Kegiatan Pembuka
  5. Kegiatan Inti
  6. Kegiatan Penutup
  7. Rencana Penilaian
  8. Penjelasan dalam setiap komponen RPPH

Dalam penyusunan RPPH, akan menjadi tugas dan pekerjaan guru dalam mempersiapkan pembelajaran setiap harinya  guru tersebut dituntut untuk kreatif dalam setiap langkah penyusunannya agar pembelajaran tidak membosankan serta bisa menciptakan materi atau bahan pembelajaran yang berkualitas.

Dalam hal ini, pembelajaran guru harus aktif memperhatikan karakteristik peserta didiknya, agar semua materi yang disampaikan bisa terkoneksi dengan baik. Hal yang perlu diperhatikan adalah Usia, sosial, dan budaya serta kebutuhan individual anak agar di kemudian hari, materi atau RPPH tersebut bisa disesuaikan dengan kemampuan dan porsinya.

Untuk file RPPH PAUD usia 5-6 tahun K13 semester 1, Pertemuan Minggu Ke-1 sampai Minggu ke- 17 ada  DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published.