Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Akademi

By | October 28, 2022
Spread the love

Sebagian orang mungkin belum mengetahui perbedaan Institut, Universitas , Sekolah Tinggi, dan Akademi. Keempat istilah tersebut merupakan beberapa model pendidikan tinggi yang ada di Indonesia.

Bagi lulusan SMA atau sederajat yang berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, setidaknya perlu tahu berbagai jenis atau model perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Jadi, apa saja sih perbedaan tersebut?

1. Institut

Sama halnya dengan Perguruan Tinggi lainnya, Institut juga menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis akademik dan vokasi. Bedanya, pendidikan di Institut hanya tersedia ilmu-ilmu yang sejenis. Sebagai contoh, institut pertanian memiliki program studi pertanian hingga kehutanan, sedangkan institut teknologi memiliki prodi seperti teknik sipil, teknik nuklir, teknik mesin, dan lainnya. Perguruan tinggi model Institut di Indonesia di antaranya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan lain sebagainya.

2. Universitas

Universitas merupakan sebuah model perguruan tinggi yang menyediakan berbagai program pendidikan, baik akademik maupun vokasi dengan spesialisasi yang beragam.

Sebut saja seperti dari rumpun alam (kimia, biologi, fisika), rumpun ilmu sosial (sosiologi, ekonomi), ilmu humaniora (bahasa, filsafat, sastra), dan lainnya. Perguruan tinggi dengan model Universitas di antaranya adalah Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan lainnya.

3. Sekolah Tinggi

Sekolah tinggi adalah jenis perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi, sarjana dan pascasarjana dalam satu rumpun ilmu pengetahuan. Misalnya, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dengan program studi Akuntansi, Ekonomi, dan Manajemen. Untuk jenjang studinya dimulai dari D3 hingga S3, dengan jalur masuk seleksi mandiri di tiap-tiap sekolah tinggi.

4. Akademi

Akademi merupakan institusi pendidikan yang menyelenggarakan sebuah program studi dan lebih menekankan pada keterampilan praktik kerja, serta kemampuan untuk mandiri. Beberapa contoh perguruan tinggi dengan model Akademi di Indonesia adalah Akademi Minyak dan Gas Bumi, Akademi Kepolisian, dan lainnya.

 

Nah, jika sudah mengetahuinya, pastikan pilih yang paling sesuai dengan keinginan, kondisi dan kebutuhanmu, ya! Karena hal ini sangat berpengaruh pada efektivitas keberlangsungan kuliahmu

Leave a Reply

Your email address will not be published.